11 Tips Mencegah Cancer Prostat

Cancer prostat merupakan salah satu jenis cancer yang sangat berbahaya. Kebanyakan lelaki tidak menyedari jika dirinya mengidap penyakit cancer jenis ini. Sebab kesan buruk cancer prostat ini datang dengan masa yang sangat lama. Akhirnya pada usia sekitar 40 tahun baru mereka memikirkan tentang cancer ini.

Advertisement

1. Perbanyak air putih

Air putih sangat penting dan bagus untuk tubuh. Manfaatnya bukan hanya untuk organ prostat saja, namun bahagian tubuh lain. Dengan mengkonsum air putih yang banyak, akan melancarkan pembuangan dan saluran-saluran yang ada di dalam tubuh akan lancar. Tempat pembuangan air urin juga bersih, ginjal menjadi sihat, kulit menjadi lembab. Biasanya orang yang cukup air putih untuk harianya, warna air urinnya akan putih.  Badan kita memerlukan sekurang-kurangnya 6 sampai 8 gelas air putih sehari.

2. Minum jus buah delima

Buah delima memiliki khasiat yang cukup berguna untuk tubuh. Jus ini juga berguna untuk menurunkan risiko dan tingkat PSA pada lelaki.

3. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan

Sayuran hijau ternyata boleh menurunkan risiko prostat. Kandungan zat makanan seperti fruktosa dan lycopene berguna menekan dan menurunkan risiko kanker prostat. Bahkan jika anda sudah terkena prostat, kandungan ke dua zat ini bisa membantu mengecilkan ukuran tumor prostat tersebut. Jenis makanan tersebut seperti brokoli, kobis, kembang kol, apel, buah beri.

4. Perkaya dengan makanan kaya Zink

Makanan yang mengandung zink membantu mengurangi pembesaran pada prostat. Hal ini di sebabkan kerana kelenjar yang ada pada prostat memerlukan zat zink lebih banyak dari pada organ tubuh yang lain. Zat tersebut boleh mengubah metabolism hormone steroid, yang mana mampu mengurangi pembesaran prostat. Beberapa contoh makanan yang memiliki kandungan kaya zink adalah minyak gandum dan biji labu.

5.Makan-makanan kaya vitamin D

Makanan yang mengandung gizi vitamin D akan membantu kesihatan prostat. Beberapa makanan kaya vitamin D adalah kacang almond, biji labu, slada swiss, mustard greens, bayam, minyak nabati, hazelnut, alpukat serta brokoli.

6.Makan-Makanan kaya vitamin E

Pertumbuhan sel cancer cenderung cepat. Meskipun cancer yang menjadi penyebab cancer prostat memiliki fluktuasi perkembangan yang lambat, namun lebih baik untuk semakin memperlambatnya, agar resiko semakin kecil. Setelah kanker kecil, bisa melakukan kemoterapi untuk menghancurkannya. Salah satu zat yang membantu memperlambat cancer adalah vitamin E. Di dalam vitamin E terdapat zat anti oksidan yang bisa melambatkan dan mengurangi risiko segala jenis cancer.

7. Menggunakan ubat-ubatan herba

Ubat-ubatan herbal juga membantu mengurangkan pembesaran cancer prostat. Beberapa jenis palmetto yang memiliki kegunaan untuk menghilangkan DHT dan menurunkan tingkat esterogen di dalam tubuh. Jenis lain seperti pygeum bisa membantu menghambat pembesaran prostat. Bahan dasar zat ini adalah dari kulit pohon. Serta ada cernilton yang membantu mengubati peradangan pada prostat. Bahan dasar dari cernilton ini adalah sari gandum.

8. Kurangkan makanan yang mengandung kolestrol

Makanan yang mengandung kolestrol dalam tubuh lelaki akan menjadi testosterone. Ketika prostat yang mengalami pembesaran, kandungan kolestrol di dalamnya sangat banyak. Untuk itu di sarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung kolestrol serta yang berlemak tinggi.

9. Kurangkan makanan yang mengandung lemak

Lemak yang masuk ke dalam golongan lemak jahat atau biasa di sebut dengan lemak HDL yang berkembang menjadi kolestrol. Padahal sudah di sebutkan bahwa dalam tubuh lelaki, kolestrol boleh berubah menjadi testoteron. Untuk itu kurangkan makan makanan yang berlemak, terutamanya lemak hewani sebab tingkat kandungannya sangat tinggi. Beberapa makanan yang mengandung lemak tinggi adalah daging merah segar, ikan, dan ayam.

10. Berhenti dari mengambil alcohol

Menurut penelitian yang terakhir dilakukan, alcohol mampu meningkatkan iritasi pada bahagian kandung kemih. Alcohol secara medis mampu memperlemah otot otot tubuh. Sehingga membuat urin yang ada di dalam tubuh tertahan dan tidak segera di keluarkan.

11. Bersenam

Bersenamlah sekurangnya 3 kali dalam 1 minggu. Dengan melakukan ini mampu mengurangkan risiko cancer prostat. Sudah banyak doktor yang mengatakan bahwa lelaki yang memiliki gaya hidup yang sihat boleh mengurangkan mengalami risiko cancer prostat.

Kongsikan artikel ini untuk kita sihat bersama 😀

Advertisement