Makanan Berpantang Untuk Penderita Asma Yang Wajib Dihindari

Hampir kesemua orang mengetahui apakah itu penyakit asma dan bagaimana gejalanya. Asma adalah salah satu gangguan pada sistem pernafasan yang menyebabkan penderitanya akan mengalami sesak nafas. Asma tergolong dalam penyakit yang sangat sukar sekali untuk diubati dan disembuhkan.

Cara-cara untuk mencegah serangan asma yang kerap dilakukan oleh penderita asma adalah dengan mengurangkan aktiviti berat yang mampu menimbulkan semula serangan asma seperti mengangkat benda-benda yang berat, keluar di malam hari ketika suhu dingin, atau beriadah diluar ruangan yang mampu menyebabkan penderita asma terkena angin terlalu lama.

Ternyata tidak hanya aktiviti luar ruangan saja yang mampu menyebabkan serangan asma, menurut kajian ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan asma kembali.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dilarang untuk dimakan oleh penderita asma:

1. Makanan jenis acar

Kepada anda yang masih belum tahu apa itu makanan  acar, acar adalah jenis makanan yang sudah dijeruk dan bahannya biasanya dari sayuran atau buah-buahan. Acar  atau makanan apapun yang sudah melewati proses penjerukan secara automatik akan mengandung zat sulfit. Zat sulfit inilah yang boleh menyebabkan serangan asma pada penderita asma

2. Buah-buahan yang kering

Buah-buahan kering disini dimaksudkan adalah segala jenis buah yang sudah mengalami proses pengeringan dan diolah menjadi kismis, ceri, jeruk, aprikot dan jenis buah lainnya yang sudah diolah sedemikian rupa menjadi kering. Kehadiran kalium bisulfit dan natrium sulfit ketika pengeringan boleh mengganggu saluran pernafasan.

3. Kentang goreng atau kentang yang sudah dikemas

Bagi seseorang yang mempunyai sejarah menghidapi asma, sebaiknya perhatikan dan hati-hati jangan memberikan mereka makanan seperti kentang goreng. Kebanyakan kentang goreng itu doigoreng dengan bahan-bahan seperti minyak sayur, bahan yang membahayakan penderita asma seperti MSG dan garam.

4. Makanan jenis berkacang

Walaupun tidak semuanya, namun hampir kesemua penderita asma itu sangat alergi dengan makanan yang berasaskan kacang. Semua jenis kacang itu mengandung sifat semulajadi yang boleh menyebabkan masuknya racun ke dalam tubuh seseorang, sedangkan para penderita asma sistem kekebalan tubuhnya sudah pasti sangat kurang.

5. Telur

Hampir sama dengan makanan berkacang tadi, tidak semua penderita asma alergi terhadap telur. Akan tetapi beberapa ahli nutrisi menemukan sesuatu yang membahayakan dari telur tersebut jika ia secara terus-menerus diambil oleh penderita asma. Bahkan, alergi yang ditimbulkan oleh telur bagi penderita asma boleh menjadi sangat buruk sekali.