- Advertisement -Newspaper WordPress Theme
Nutrisi4 Makanan Kesihatan Kelelakian

4 Makanan Kesihatan Kelelakian

Lelaki berbeza dengan perempuan dalam segala hal – termasuk kebutuhan gizi. Perempuan yang memerlukan nutrisi tertentu selama kehamilan atau perlindungan dari kancer payudara, lelaki juga perlukan nutrisi khusus yang dapat membantu mempertahankan otot, mencegah kancer prostat, dan banyak lagi.

Banyak makanan yang cenderung menjadi kegemaran di kalangan lelaki. 10 jenis makanan yang dapat melawan penyakit sekaligus meningkatkan kesihatan kelelakian.

1. Pisang

Pisang

Pisang memiliki sumber tenaga yang besar dan kaya kandungan kalsium yang diperlukan untuk mengatur saraf, denyutan jantung, terutama tekanan darah. Diet kaya kalsium dan magnesium (yang juga ditemukan dalam pisang) dapat mengurangi risiko stroke.

Sebagai sumber vitamin B-6, pisang juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh, membentuk sel darah merah, memastikan sistem saraf berfungsi dengan baik, dan membantu metabolisme protein.

Jadi nikmatilah pisang setiap hari, saat sarapan atau sebelum berolahraga di gym. Bagi yang bukan penggemar pisang dapat mencuba jus jeruk, susu, tomat, dan kacang-kacangan yang juga baik untuk diet kaya kalsium.

2. Tiram

Tiram

Menurut Dave Grotto, RD, jurucakap American Dietetic Association, “Penelitian menunjukkan bahawa kandungan zinc dalam tiram dapat melindungi tubuh dari kerosakan sel yang mengarah ke kancer prostat.” Selain itu, “Zinc juga berfungsi pada sistem reproduksi seksual laki-laki termasuk peningkatan jumlah sperma,” kata Grotto.

Namun, menurut Grotto, Anda harus berhati-hati memakan tiram mentah karena dapat berisiko terkena infeksi Vibrio vulnificus. Selain itu, penderita penyakit hati, diabetes mellitus, rheumatoid arthritis, dan gagal ginjal kronis, serta alkoholik harus berhati-hati mengkonsumsi tiram karena kan meningkatkan risiko yang lebih besar pada penyakit mereka.

3. Ikan berlemak Omega-3

Ikan Omega3

Tidak ada daftar makanan sehat yang lengkap tanpa lemak mengandung omega-3. Lemak tak jenuh adalah lemak yang terpenting bagi tubuh kerana bermanfaat bagi jantung.

“Lemak Omega-3 adalah makanan anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan trigliserida dalam lemak, mengurangi rasa sakit dan perit pada atlet, dan membantu penyembuhan artritis,” kata Joy Bauer, MS, RD, pakar nutrisi penulis buku Joy Bauer’s Food Cures.

4. Brokoli

broccoli

Brokoli sangat membantu mencegah penyakit jantung dan kancer. Brokoli saraf dengan vitamin C, beta-karoten, kalium, dan fitokimia yang disebut sulphoraphane,(antikanker prostat dan kolon).

Sayuran hijau super gizi ini juga dapat membantu menurunkan kadar homocycteine, asam amino yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

baca juga: Anda Sudah Berkahwin? Artikel Ini Mungkin Menarik Untuk Anda!

 

 

Subscribe Today

GET EXCLUSIVE FULL ACCESS TO PREMIUM CONTENT

SUPPORT NONPROFIT JOURNALISM

EXPERT ANALYSIS OF AND EMERGING TRENDS IN CHILD WELFARE AND JUVENILE JUSTICE

TOPICAL VIDEO WEBINARS

Get unlimited access to our EXCLUSIVE Content and our archive of subscriber stories.

Exclusive content

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme